Research Fragment : Shape of Thought by Kira Degree

posted in: PAST EXHIBITION | 0

Research Fragment : Shape of Thought

15 Oktober – 12 November 2023

Pembukaan 18 Oktober. Mulai jam 16.00 hingga 20.00 WIB

Pameran terbuka untuk umum. Gratis tanpa tiket masuk.

Di Orbital Dago

Jl. Rancakendal Luhur No. 7

Dago Atas. Bandung 40192

Tentang Pameran

Research Fragment : Shape of Thought atau Fragmen Penelitian : Bentuk Pemikiran

 

Karya-karya seniman kelahiran St. Petersburg – Russia, Kira Degree yang tinggal di Bali sejak 2014 lalu, menarik untuk kita simak. Karya-karyanya menampilkan penjelajahan suatu konsep yang dimulainya sejak 2020 yang diberi nama Product of intellectual performance (POIP) atau Produk Kinerja Intelektual. Pameran ini menjadi rangkaian POIP bagian ke 3, menampilkan penggalan penelitian dengan topik “Proses Berpikir dan Bentuk yang Dibutuhkan”. Menurutnya proses berpikir bersifat dinamis, tidak memiliki awal atau akhir, namun ini merupakan topik yang sangat menarik. Setiap karya dari rangkaian benda seni “Bentuk Pemikiran” hanyalah sebuah penggalan, namun pada gilirannya memiliki karakter, suasana hati, dan makna yang dalam.

Kira mengungkapkan , bahwa Sejak dulu hingga saat ini ia benar-benar terpikat oleh struktur dunia dan komponen spiritual dan materialnya yang kaya. “ Semuanya dimulai dengan saya mengilustrasikan fantasi dan ide. Lambat laun, tujuannya menjadi semakin kompleks, pengalaman saya melebar dan saat ini arti seni bagi saya adalah kombinasi antara ide, keindahan dan kebenaran.”

Dengan pendekatan yang cenderung konseptual, Kira menjelajah dan bereksperimentasi berbagai medium seperti seni lukis, gambar, instalasi, patung, video, performans dengan berbagai bahan,  bahkan ia menjelajahi ranah perancangan seperti pakaian, merancang grafis dan membuat perhiasan bahkan ketertarikannya dalam dunia sain seperti biologi sangat besar. Totalitasnya dalam berpikir dan bertindak memberikan modal artistik yang kuat untuk menciptakan berbagai proyeknya yang berkesinambungan.

Menurut penulis Bruce W. Carpenter tahun 2021 , Kira yang Lahir dan besar di St. Petersburg, adalah produk dari masyarakat yang mengalami transisi radikal, yang secara harfiah tertahan di antara dua dunia selama periode disintegrasi Uni Soviet dan kebangkitan Federasi Rusia. Sebagian besar perhatiannya tampaknya tidak pernah terganggu oleh dunia di sekelilingnya, melainkan berfokus pada menemukan jalur kreatifnya sendiri. Dorongan awalnya untuk menjadi seorang seniman terdengar seperti panggilan spiritual, “…struktur dunia dan komponen mistiknya yang kaya tidak akan meninggalkan saya sendirian.” Anehnya, ia juga menunjukkan minat dan keyakinan yang besar terhadap sains dan dunia empiris. Hal terakhir inilah yang mendorongnya untuk mendaftar di Akademi Seni dan Desain Negeri Stieglitz yang bergengsi di St. Petersburg. Di sana, di sekolah desain tertua di Rusia, ia menjalani pendidikan ketat yang mencakup segala hal mulai dari desain teknis hingga menguasai teknik klasik dalam melukis dan komposisi yang sudah ketinggalan zaman di Barat setelah Perang Dunia Kedua.

Dalam pameran ini ia menampilkan serangkaian lukisan yang cenderung abstrak – organis , tampak seperti lipatan-lipatan kulit dengan warna merah – kecoklatan, dengan kerutan-kerutan dan timbul seperti relief. Panel-panel kayu seperti diagram dengan diatasnya menempel elemen dari kulit, MDF , serta gambar pensil diatas kertas, serta instalasi dinding lainnya.

Kira Degree mendapat pendidikan seni tahun 2009 : Kursus Privat Akademi Seni dan Desain Negeri Saint Petersburg Stieglitz. Fokus pada lukisan cat minyak; Desain Grafis; Fokus pada berbagai bidang seni seperti arsitektur, desain grafis, pemodelan, desain dan lainnya. Ia berpameran di St. Petersburg; Desainer muda yang ambisius untuk produk suvenir yang berbasis di St. Petersburg. Dosen di sekolah seni swasta di St. Petersburg untuk orang dewasa. Tahun 2014 : Pindah ke Bali dan menjadi seniman mandiri. Pameran di Perancis, Korea, Indonesia. Banyak berksperimen dengan bahan cairan dan pencahayaan, serta mengembangkan proyek sendiri. Menyelenggarakan rangkaian pameran sendiri : POIP (Product of intellectual performance atau Produk kinerja intelektual). Setahun sekali meluncurkan serangkaian pameran POIP. Melaksanakan penelitian dengan topik “pembentukan” . Melakukan penelitian di bidang bahan biologi, pendiri merek POIP sebagai Direktur, perancang rangkaian merek: POIP-A, POIP-B, POIP-C. Bertanggung jawab atas seni di berbagai proyek komersial

 

E- Katalog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.