SHIFTING SPACES

posted in: PAST EXHIBITION | 0

Seketika, hari ini kesadaran ruang kita menjadi berjarak. Namun dari lubang pintu isolasi mandiri, kita dapat mengintip kenyataan yang selama ini luput kita sadari. Shifting Spaces hadir dengan maksud, menanggapinya. Interaksi para seniman dengan “ruang”-nya masing-masing hadir dalam ruang pamer ini.

Sejak dalam proses pendekatan wacana, para seniman menjalani proses lokakarya singkat serta memakai metode flaneur yang dipopulerkan oleh Walter Benjamin untuk mendekati subjek. Dengan memosisikan diri sebagai pejalan kaki, para seniman mendekati ruang dalam proses meditatif, aktif, atau pun interaktif. Mulai dari menggugat polusi warna-cahaya, kooptasi ruang, serta artikulasi lainnya, para seniman seolah mengorkestrasikan hak atas ruang.

Hari ini, kesadaran kita dalam ruang virtual yang dibangun oleh sehimpun bilangan ini seperti menghadirkan diktum Galileo Galilei kembali bahwa “Matematika adalah bahasa yang digunakan Tuhan untuk menuliskan semesta.” Dengan kata lain, kehadiran para seniman di ruang publik hari ini bukanlah merayakan ruang tetapi menggugat kesadaran mereka terhadapnya. Kita diajak untuk sadar bahwa di luar pintu isolasi mandiri sebenarnya ruang gerak kita juga terbatas.

Agung Eko Sutrisno dan Aura Arian | Condro Priyoaji | Delpi Suhariyanto | Fefia Suh | GURU | Marten Bayuaji | Widi Wardani dan Rainda Satrya

Tulisan oleh

Kelana Wisnu Sapta Nugraha (Kapital Space)

Yuka Dian Narendra

Pembukaan Pameran

26 Februari 2021

16.00 WIB

Pameran

26 Februari – 14 Maret 2021

10.00 – 19.00 WIB

Agung Eko Sutrisno dan Aura Arian

Agung eko sutrisno, seniman media baru yang memanfaatkan performance art dalam praktiknya, Eko tinggal dan berkarya di kota bandung, mengambil program studi seni patung di ISBI Bandung. Eko mendirikan prfrmnc.rar, sebuah kolektif yang berkonsentrasi pada laboratorium dan wacana performance art di Bandung, ia juga Anggota Forum Seni Pertunjukan Bandung (BPAF) sebagai Scenographer, dan anggota dari Kapital Space, sebuah kolektif yang berdiri pada tahun 2020 di Ciburial, Bandung.

Aura arian, fotografer yang tinggal dan berkarya di Kota Bandung, mengambil program studi Televisi dan film di ISBI Bandung.  Dalam praktik penciptaan karya fotografi  Aura memfokuskan diri pada isu-isu kemanusiaan, agrikultur dan eksplorasi lanskap realitas kaum urban. Bagi Aura foto merupakan wadah untuk membagikan Da-sein dan Mitda-sein manusia.

Condro Prioaji

Condro Priyoaji lahir di Jember pada tanggal 31 Desember 1993 dan sekarang sedang tinggal dan berkarya di Bandung. Condro sedang tertarik dengan fenomena warna yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Ketertarikan akan fenomena warna ini muncul dari kebiasaannya berkarya dengan media lukis dari saat ketika masih duduk di bangku perkuliahan. Berkarya menurutnya adalah sebagai wadah untuk ekspresi, eksistensi atau hanya untuk sekedar kabur sejenak dari kesibukan sehari-hari.

Delpi Suhariyanto

Delpi Suhariyanto adalah seniman seni media yang aktif berkarya di Bandung. Sebelumnya Ia kerap bereksperimen dengan performans bunyi dan cata kerja site-specific. Delpi menyelesaikan studiny di Studio Seni Intermedia FSRD ITB dan saat ini aktif menjalankan Yayasan PIAS di Bandung serta merintis ruang bernama Kapital Spaces di daerah Ciburial, bandung.

Fefia Suh

Fefia SuhLahir di Jakarta, menyelesaikan studinya di salah satu perguruan tinggi bandung mengambil jurusan seni rupa, studio keramik 2016. Kecenderungan karyanya berasal dari pengalaman-pengalaman yang ditangkap semasa bepergian ke berbagai tempat. Tinggal di perkotaan membuat bepergian ke destinasi alam menjadi lebih membekas dan memberikan pengalaman baru bagi fefia dan karyanya.

GURU

GURU adalah grup musik asal Bandung yang terdiri dari para pendidik dengan beragam praktik, Mira Rizki, Bayu P. Pratama, Fahma Rosmansyah, dan Gazza Ryandika. Band ini memanifestasikan penampilan situasional dan suara yang dihasilkan sebagai praktik bermusik mereka, baik dalam bentuk suara tonal atau atonal. Mereka menyatakan diri mereka sebagai ‘band situasional’.

Marten Bayuaji

Lahir di Jepara, Maret 1992, Marten memulai studi seni rupa di Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2010, dan pada 2018 menempuh program pascasarjana di FSRD ITB. Dalam praktiknya Marten banyak terinspirasi oleh alam, entah secara bentuk fisikalnya atau gagasannya.  Marten sering bekerja menggunakan berbagai macam media, merespon suatu lanskap alam atau sebuah framing ruang tertentu. Sering kali karya outdoornya bersifat ephemeral, suatu kondisi dimana Marten mempertanyakan kembali bagaimana posisi manusia terhadap lingkungan alamnya, apakah baik ataukah buruk. Kini Marten sedang tertarik untuk mempelajari alam dalam antroposentrisme. Menurutnya menilik kembali kepada hal yang paling mendasar tentang bagaimana cara pandang kita manusia kepada alam adalah sangat penting.

Widi Wardani dan Rainda Satrya

Widi dan Rainda adalah perupa muda asal Bandung, mereka memulai kebersamaannya sejak sekolah menengah atas. Gagasan dan ide kekaryaan Widi dan Rainda memiliki kesamaan dalam suatu hal, kesamaan ini tentunya melalui lika-liku panjang antar dua insan muda ini. Widi dalam menggagas ide berkarya selalu menceritakan tentang keseimbangan dalam hidup, kemudian Rainda selalu menguatkan ide berkarya widi, karena rainda senang menulis dan widi senang membuat onar.

e-catalogue

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.