“Potret Ilmuwan Muda Indonesia”

posted in: PAST EXHIBITION | 0
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pameran Foto Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

“Potret Ilmuwan Muda Indonesia”

Oleh Yoggi Herdani

27 November s.d. 2 Desember 2019

Pembukaan : Rabu, 27 November 2019 Pukul 19.00 WIB Orbital Dago Bandung Jl. Rancakendal No.7, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40191

Proyek “Potret Ilmuwan Muda Indonesia” kali ini sebenarnya tidak lebih dari sebuah kolaborasi subyek dan fotografer dengan sebuah tujuan. Intensi utama dari proyek ini dimulai dengan rasa apresiasi terhadap para ilmuwan muda yang berprestasi namun seakan tenggelam oleh hiruk pikuk isu-isu sosial hari ini. Sang fotografer yang memiliki rasa apresiasi tersebut memutuskan untuk membuat sebuah kolaborasi dengan tujuan memperkenalkan figur-figur ilmuwan yang bisa menjadi tawaran inspirasi kepada publik akan pentingnya kehadiran ilmuwan di berbagai bidang dalam memajukan sebuah peradaban di kehidupan bermasyarakat. Mungkin terdengar berlebihan, tetapi setidaknya tawaran ini menggarisbawahi sebuah intensi positif untuk memperkenalkan dunia ilmuwan yang dianggap soliter kepada publik.

Dengan mengadopsi konstruksi visual foto potret dan pendekatan dokumentasi estetik, proyek ini bisa disebut sebagai kolaborasi antar profesi dengan dasar apresiasi antara subyek dengan sang fotografer. Terlepas dari reaksi dan dampaknya terhadap publik, proyek ini menawarkan sebuah inspirasi untuk publik terutama generasi muda untuk mengenal lebih dekat para ilmuwan muda berprestasi dan mungkin kelak bisa menjadi panutan dan inspirasi secara personal.  

Fotografer Yoggi Herdani Memberi sambutan pada malam pembukaan

Kurator Henrycus Napitsunargo memberi sambutan

E-katalog Potret Ilmuwan Muda Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.